Senin, 19 November 2012

Cara Detoksifikasi Dan Gejala Detoksifikasi

Seringkali kita mendengar kata detoks, namun tidak tahu apa sebenarnya detoks itu, bagaimana cara detoks dan apa manfaat detoks untuk tubuh kita.

Detoks adalah proses pembuangan ampas atau racun (toksin) dari dalam tubuh kita baik yang dihasilkan secara alami oleh tubuh kita, maupun yang terbawa oleh makanan kita (seperti pestisida, pewarna, MSG, logam berat dalam air minum, dsb), residu obat-obatan, polusi udara, stress, pola makan buruk dan radikal bebas. Proses detoks juga membantu memperbaiki metabolisme dan kemampuan tubuh dalam membuang racun (toksin) dari dalam tubuh secara alamiah.  Toksin-toksin inilah yang jika dari waktu ke waktu menumpuk di dalam tubuh, yaitu di dalam di usus kita yang pada akhirnya menyebabkan penyakit degeneratif, kerusakan sel-sel tubuh dan penyakit kronis lainnya seperti kanker, kolesterol, dan darah tinggi. Tingkat racun di dalam tubuh juga mempengaruhi stamina dan vitalitas tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari, serta penuaan dini

Proses detoks ini sangat penting dilakukan sesering mungkin, mengingat lingkungan hidup dan makanan yang kita makan sehari-hari seringkali tercemar, baik kita sadari atau tidak.



MENGAPA DETOKS ITU PENTING?

Kita perlu melakukan detoks, sebisa mungkin, sesering mungkin karena dengan detoks kita dapat:
1. Mencegah penyakit.
2. Mengistirahatkan organ tubuh.
3. Membersihkan bagian dalam tubuh dari toksin-toksin yang berbahaya.
4. Memperlambat proses penuaan (anti-ageing).
5. Meningkatkan vitalitas tubuh.
6. Meningkatkan fertilitas.




Ada beberapa cara detoks dan tips saat detoks yang dianjurkan oleh dokter-dokter ahli nutrisi:

1. Mengkonsumsi menu detoks

Menu detoks adalah sayuran dan buah tertentu yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Buah dan sayuran ini dikonsumsi mentah, tanpa diproses/dimasak terlebih dahulu. Menu detoks mencakup buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan bijirin. Juga dapat ditambah dengan teh herbal atau teh hijau.

Jika Anda ingin melakukan detoks sehari, mulailah di pagi hari dengan meminum segelas air hangat yang diberi perasan air lemon, untuk merangsang kerja hati dalam proses detoks. Setelah itu Anda bisa memilih salah satu buah/sayuran seperti anggur, apel, pepaya, wortel, selery, nenas, atau timun yang dapat dimakan begitu saja, dipotong-potong menjadi seperti salad buah atau di jus. Dan yang paling penting adalah banyak minum air untuk membantu kerja ginjal dalam proses pengeluaran racun, minimal 8 gelas atau 2 liter dalam sehari.

Jika Anda ingin melakukan detoks akhir minggu (yaitu selama 2 hari, Sabtu dan Minggu), Anda dapat memulai dengan cara yang sama di pagi hari, yaitu segelas air hangat yang diberi perasan air lemon. Lalu minum satu macam jus buah untuk sarapan. Pada saat makan siang Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti apel dan anggur. Di sore hari, buatlah jus sayuran dan salad buah dan sayuran yang dipotong-potong (misalnya tomat, timun, apel, nenas, wortel dan tauge), serta banyak minum air mineral. Untuk makan malam, Anda bisa mengkonsumsi nasi dari beras merah dan sayuran rebus atau kukus yang diberi campuran herba.

2. Melakukan olah raga ringan di pagi hari pada saat detoks

Olah raga ringan seperti stretching atau jalan pagi pada saat kita hendak melakukan proses detoks akan sangat membantu kerja sistem limpa membangun pertahanan tubuh atau sistem imun, sehingga proses pembuangan racun lebih lancar.

3. Melakukan olah raga ringan di sore hari, seperti yoga atau jalan sore.

4. Relaksasi pikiran dan tubuh juga sangat penting pada saat detoks. Jangan biarkan stress dan beban pikiran menghambat proses detoks Anda. Bantulah agar tubuh dan pikiran bisa rileks dengan aromaterapi, membaca buku atau mendengarkan musik kesukaan Anda dan minum secangkir teh herbal. Bagi Anda yang wanita, menikmati day spa, manicure, pedicure dan perawatan tubuh juga sangat membantu proses detoks.



DETOKS DENGAN HERBALIFE

Ada beberapa produk Herbalife yang saling bekerja sama dalam membantu proses detoks:

1. Formula 1 - Nutritional Shake Mix
Merupakan makanan sehat dalam proses detoksifikasi, dengan 24 vitamin dan mineral, antioksidan (untuk menetralisir radikal bebas dan serat gandum untuk kesehatan pencernaan dan mendukung suplai darah ke seluruh tubuh). Bahan dasarnya yang berasal dari kedelai, sudah terbukti melalui penelitian ilmiah dan kedokteran, mengandung antioksidan, merangsang regenerasi sel-sel tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Fiber


Tablet fiber adalah campuran serat alami yang berasal dari oat dan campuran herba termasuk pepaya, parsley dan peppermint. Fiber bekerja di vili-vili usus (rambut-rambut halus di dinding usus bagian dalam) untuk mengangkat lemak dan racun sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal. Produk ini juga membantu melancarkan pencernaan dan pembuangan.


3. Herbal Aloe Concentrate


Herbal Aloe adalah konsentrat lidah buaya yang berfungsi sebagai shampoo di dalam tubuh yang dapat mempercepat pembuangan toksin, memperbaiki metabolisme dan masalah pencernaan seperti sakit maag. Produk ini juga membersihkan, terutama bagian usus, sehingga penyerapan nutrisi di dalam tubuh kita lebih optimal.




Cara melakukan detoks herbalife:

1. Di pagi hari, campurkan 3 tutup botol Herbal Aloe ke dalam segelas air hangat (kurang lebih 250mL). 

2. Mengkonsumsi tablet fiber 3 kali sehari 2 tablet, 15 menit sebelum minum nutrisi Shake dan makan siang. (Untuk turun berat, maka minum juga tablet lipobond dan cell-u-loss bersamaan dengan fiber).

3. Minum F1 Shake Mix sebagai pengganti sarapan. Cara membuatnya sangat praktis, yaitu dengan mencampur 2 sendok takar dalam 250mL air di dalam shaker khusus dan dikocok selama 1 menit. Bisa juga di blender dengan buah potong, seperti pepaya, pisang atau melon.

4. Makan siang dengan menu sehat seimbang yang rendah lemak, garam dan gula.

5. Di malam hari, jika sedang melakukan program turun berat badan, maka minumlah Shake sebagai pengganti makan malam dan Herbal Aloe sebelum tidur. Jika sedang melakukan program naik berat badan atau menjaga berat badan, makan malam dengan menu sehat seimbang yang rendah lemak, garam dan gula. Lalu minum Herbal Aloe sebelum tidur.

6. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari (kurang lebih 2 liter).

Program detoks Herbalife adalah program kesehatan yang dapat dilakukan oleh segala umur, sebagai bagian dari pengaturan pola makan yang sehat, sehingga tubuh kita selalu minim dari toksin. Tidak ada batasan jangka waktu, bahkan jika diterapkan dalam pola makan sehari-hari akan membuat tubuh menjadi sehat jangka panjang.


GEJALA-GEJALA TUBUH SEDANG MENGALAMI DETOKSIFIKASI

Gejala detoks bermacam-macam dan intensitasnya berbeda-beda, tergantung dari tingkat kepekatan racun di dalam tubuh dan kepekaan (sensitifitas) masing-masing individu.

Beberapa gejala umum detoks adalah: pusing, mual, gejala flu, diare, mulas, sembelit atau gatal-gatal.


APA YANG BIASANYA DIRASAKAN SETELAH DETOKS?

Setelah proses detoks berakhir, biasanya Anda akan merasakan:

Lebih berenergi, sehat, stamina lebih kuat, tubuh menjadi bugar dan rileks, lebih kreatif dan bersemangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar